Monday 13 March 2017

PENG. ANIMASI & DESAIN GRAFIS

DEFINISI ANIMASI


Animasi adalah “illusion of motion” yang dibuat dari image statis yang ditampilkan secara berurutan. Pada video atau film, animasi merancu pada teknik dimana setiap frame dalam film dibuat secara terpisah.

SEJARAH ANIMASI


Jauh sebelum masehi, terdapat lukisan di dinding goa di Spanyol, yaitu gambar babi hutan dengan delapan kaki. Hal ini menandakan orang dahulu sudah memikirkan cara menggambarkan sesuatu yang bergerak dengan menggunakan gambar bertumpuk.


Pada tahun 1600 SM, orang-orang Yunani dan Mesir sudah menggambar gerakan dengan gambar yang berurutan. Hal ini dibuktikan dengan lukisan di dinding piramida dan juga pada perabotan rumah tangga mereka.

Lalu pada tahun 1824, ditemukan alat sederhana yaitu Thaumatrope yang berbentuk lempengan dengan dua sisi seperti uang logam. Ketika diputar dengan cepat, kedua sisi itu akan memberikan kesan satu permukaan atau satu gambar. Disusul tahun 1831 ditemukan alat Phenakistoscope yang berbentuk kipas tangan dengan gambar yang berurutan pada satu sisinya, juga terdapat beberapa lubang untuk meliat adegannya saat diputar. Gambar dipantulkan ke cermin dari balik lubang dan bisa dilihat gerakan dari gambar tersebut melalui lubang.
Phenakistoscope
Thaumatrope


Selanjutnya pada tahun 1877 ditemukan alat Praxinoscope berbentuk tabung dan adegannya bisa diganti-ganti dengan roll film baru. Bedanya ada pada bagian tengah roda. Ditengahnya terdapat cermin yang diposisikan bersilangan. Hal ini menggantikan teknik lobang yang sebelumnya digunakan untuk melihat adegan. Pada perkembangannya alat ini bisa memutar animasi dengan durasi yang lebih lama dengan cara dibesarkan ukuran tabungnya. Dan juga dengan modifikasi akhirnya bisa di pancarkan ke dinding dengan menggunakan lampu dan cermin. Jadilah proyektor sederhana.

Praxinoscope

Tahun 1868, setelah teknik dan teknologi fotografi ditemukan, hal ini berpengaruh pada teknologi animasi. Animasi  sudah bisa di tampilkan dengan cara di foto terlebih dahulu kemudian di proyeksikan. Teknik ini disebut dengan flipbook, atau animasi pada lembaran kertas yang bisa di lihat dengan cara dibuka dengan cepat.


Hingga pada tahun 1924, seorang ilustrator bernama Winsor McCay membuat film animasi yang berjudul Gertie The Dinosaur. Film ini berdurasi lebih panjang dari film-film animasi yang sudah ada sebelumnya. Oleh sebab itu film ini layak ditayangkan di bioskop pada masa itu. Oleh karenanya, nama Winsor McCay dinobatkan sebagai bapak animasi dunia.

Di bawah ini adalah film Gertie The Dinosaur yang berdurasi 5 menit, 46 detik. (sumber video: youtube)




Tahun 1928 Walt Disney mengeluarkan film animasi yang sudah memiliki suara yang berjudul Steamboat Willie, disusul film The Skeleton Dance pada tahun 1929.


Kemudian Walt Disney mengeluarkan film animasi dengan judul Flowers & Trees yang sudah menggunakan teknik pewarnaan. Sehingga film ini sudah dilengkapi teknik dasar untuk sebuah film yaitu penggunaan suara dan pewarnaan. FIlm ini berdurasi 7 menit, 30 detik. (sumber video: youtube)


Seiring dengan pesatnya perkembangan teknologi, sebuah studio film animasi Pixar meluncurkan film animasi dengan teknologi CGI (Computer Generated Imagery) berjudul Toy Story pada tahun 1995. Sampai saat ini, Studio Pixar mengeluarkan film-film animasi CGI yang menarik dan berkualitas seperti Finding Nemo, Cars, Monster University, Brave, dan lain-lain.

Studio film animasi lain yang cukup terkenal yaitu Dreamworks dan Universal Studio yang juga mengeluarkan beberapa film animasi CGI.

Film Animasi Toy Story (sumber: giphy.com)


JENIS-JENIS ANIMASI


1. Animasi Cel
Animasi Cel atau Cell Animation adalah animasi tertua dan bentuk animasi paling populer pada era awal berkembangnya animasi. Saat ini material film dibuat dari asetat (acetate). Animasi cel menggunakan lembaran-lembaran yang membentuk sebuah frame animasi yang memungkinkan animator untuk memisahkan dan menggambar kembali bagian-bagian gambar yang berubah antar frame secara berurutan. Teknik menggambar yang digunakan yaitu masih konvensional (hand-drawn animation).
sumber: animasicantik.weebly.com

2. Animasi Frame

Animasi frame adalah bentuk animasi paling sederhana. Contoh ketika membuat gambar-gambar yang gerakannya berbeda-beda pada sebuah tepian buku kemudian ketika buku tersebut dibuka setiap halamannya dengan menggunakan jempol secara cepat maka gambar akan terlihat bergerak.
Dalam sebuah film, serangkaian frame bergerak dengan kecepatan minimal 24 frame per detik agar tidak terjadi jitter (delay antara blok-blok yang berurutan).

sumber: wiki.synfig.org

3. Animasi Sprite
Animasi sprite adalah animasi yang berupa objek bergerak secara mandiri dengan latar belakang diam. Objek yang bergerak tersebut dinamakan "sprite". Setiap objek dalam animasi sprite bergerak dalam tempo waktu yang berbeda, memiliki besar fps berbeda, dan pengeditan hanya dapat dilakukan pada masing-masing objek sprite.

sumber: s590.photobucket.com/user/mcnutty12

4. Animasi Path
Animasi Path adalah objek yang bergerak dengan gerakan yang mengikuti garis lintasan yang sudah ditentukan. Pada animasi ini, menggunakan looping animasi agar terus berulang hingga mencapai kondisi tertentu.

sumber: dossuwanda.wordpress.com

5. Animasi Spline
Animasi spline menggunakan objek yang bergerak mengikuti garis kurva yang didapatkan dari representasi perhitungan matematis. Hasil gerakan animasi ini lebih halus dibandingkan dengan animasi path.

sumber: esotericsoftware.com

6. Animasi Vektor
Animasi vektor mirip dengan animasi sprite, hanya saja animasi vektor menggunakan rumus matematika untuk menggambar objek sprite-nya. Ukuran file animasi vektor lebih kecil dibandingkan dengan file animasi sprite.

sumber: pinterest.com

7. Animasi Character
Animasi karakter atau bisa disebut dengan animasi 3D. Karakter atau tokoh pada animasi ini memiliki ciri khas dan gerakan yang berbeda tetapi bergerak bersamaan dan sinkron. Animasi ini menggunakan teknologi komputer dan dibutuhkan modal yang cukup besar. Tahap awal pembuatannya yaitu membuat sketsa karakter dari berbagai sudut (perspektif), lalu di-scan dan dibuat model 3D-nya. Salah satu contoh film animasi karakter yaitu Despicable Me.

Film Animasi Despicable Me (sumber: giphy.com)


FILM ANIMASI ZOOTOPIA

Zootopia (2016) adalah film animasi 3D yang menceritakan tentang Judy Hopps, seekor kelinci dari desa Bunnyburrow yang memiliki impian masa kecilnya untuk menjadi petugas kelinci pertama di departemen kepolisian di kawasan perkotaan Zootopia. Film ini disutradarai oleh Byron Howard dan Rich Moore serta diproduseri oleh Clark Spencer dengan perusahaan produksi Walt Disney Pictures. 
Film animasi Zootopia menggunakan teknologi canggih untuk membuatnya yaitu dengan iGroom. Teknologi iGroom ini sangat membantu animator dalam membuat karakter hewan-hewan yang umumnya berbulu.  Dalam menstimulasi tekstur dan tingkat ketebalan bulu, para peneliti memang mengakui hal itu merupakan hal yang sulit. Dengan menggunakan teknologi iGroom, animator bisa mengubah bentuk, memberi bayangan baru, bahkan menambahkan efek pada bulu hewan tersebut yang menjadikan gambar tampak sangat nyata dan berkualitas.

sumber: www.solopos.com
sumber: giphy.com

sumber: giphy.com


sumber:
www.dodyanimation.com 12 Maret 2017, jam 08:00 WIB.
animationforus.weebly.com 17 Maret 2017, jam 18:44 WIB.
graphicartshare.wordpress.com 17 Maret 2017, jam 19:03 WIB.
www.solopos.com 17 Maret 2017, jam 19:50 WIB.
id.wikipedia.org/wiki/Zootopia 17 Maret 2017, jam 19:54 WIB.





No comments:

Post a Comment